Tingkatkan Kualitas Pendidikan Lewat ANBK, Dikbud Gunakan Tiga Instrumen Penilaian

Boltim, Terkini205 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia melakukan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai  program evaluasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Menurut Yusri Damopolii, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), ketika melakukan monitoring dan pengawasan kegiatan ANBK untuk  tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kabupaten Boltim.

Ia menjelaskan, proses evaluasi melalui ANBK dapat mengukur pendidikan baik dari aspek input hingga output pembelajaran di sekolah. 

“Untuk sekarang jadwal tingkat SMP, sedangkan ANBK Sekolah Dasar (SD) bulan depan tepat November,” ucapnya. 

“Ada tiga instrumen yang digunakan untuk mengukur di ANBK 2022. Instrumen tersebut meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar,” jelas Yusri. 

Baca Juga: ASN, PPPK Dan THL Boltim Wajib Gunakan Pakaian Adat Baniang Dan Salu 

Ia juga menambahkan, ANBK adalah merupakan bagian dari tahapan untuk monitoring dan evaluasi terhadap kualitas pendidikan di setiap satuan pendidikan, selanjutnya dengan hak tersebut akan menggambarkan kualitas pendidikan yang ada di setiap daerah.

“Sangat diharapkan agar setiap sekolah dapat benar-benar dapat mempersiapkan dan melaksanakan asesmen secara maksimal dan sejujur mungkin, agar mampu mengukur secara objektif kualitas pendidikan, baik itu dari aspek literasi, numerasi, serta daya dukung lingkungan terhadap pelaksanaan pendidikan,” ujarnya.

Menurutnya, hasil dari asesmen ini akan tergambar pada raport pendidikan dan raport pendidikan ini menjadi indikator dalam perencanaan untuk menentukan arah dan kebijakan pendidikan oleh Kepala sekolah dan guru pada tahun berikutnya.

Sebagai tambahan informasi, pelaksanaan ANBK 2022 untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK sudah dilaksanakan sejak 29 Juli 2022, dengan diawali sinkronisasi simulasi gelombang 1.

Adapun untuk jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional untuk jenjang SMP sederajat akan selesai pada 25 September 2022 dan ditutup dengan pelaksanaan ANBK 2022 paket B. Selanjutnya untuk SMA dan SMK sederajat berakhir pada 4 September 2022. Kegiatan simulasi gelombang 1 dan 2 akan dilaksanakan di bulan Agustus 2023.(*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *