KPU Kota Kotamobag Gelar Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024

Kotamobagu, Terkini216 Dilihat

JEJAK.NEWS KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu tahun 2024 tingkat Kota Kotamobagu, mulai Jumat 01 Februari hingga 03 Februari 2024.

Rapat pleno yang digelar di Hotel Sutanraja Kotamobagu tersebut, dibuka Ketua KPU Kotamobagu Mishart A. Manoppo didampingi 4 (empat) Komisioner serta Sekretaris KPU Kota Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Kotamobagu, Mishart A. Manoppo menyampaikan, agenda rapat pleno akan dilaksanakan selama 3 hari. Mulai tanggal 1 hingga 3 Maret 2024.

“Rapat pleno hari ini adalah rangkaian dari proses rekapitulasi pungut hitung di tanggal 14 Februari. Mulai dari pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi berjenjang dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten/kota. Selanjutnya provinsi hingga nasional,” ujarnya.

Mishart pun berharap pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu di tingkat Kabupaten/Kota ini dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Insya Allah, hari ini kita mulai rapat rekapitulasi dan hari ini kami menjadwalkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Kotamobagu Selatan dan Kecamatan Kotamobagu Utara. Besoknya akan dilanjutkan untuk Kecamatan Kotamobagu Timur dan Barat,” ungkapnya.

Di sisi lain, Komisioner sarat pengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu ini juga berharap dinamika yang tercipta sejak tanggal 14 Februari tidak lagi terungkap dalam agenda rapat pleno tingkat kabupaten/kota. Namun demikian, ia menegaskan bahwa hal tersebut bukan berarti membatasi pendapat, tanggapan dalam proses rekapitulasi.

Mengakhiri sambutannya, Mishart menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kota Kotamobagu.

“Terima kasih kepada pak wali kota, kapolres, dandim, seluruh jajaran pemerintahan daerah, mulai dari tahap awal hingga hari ini, yang telah memberikan dukungan penuh untuk suksesnya Pemilu di Kotamobagu. KPU dan Bawaslu merasakan betul antusias dari seluruh stakeholder, peserta Pemilu dan masyarakat dalam mengikuti Pemilu pada 14 Februari, hal ini ditandai tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu tahun 2024 di Kotamobagu mencapai 82 persen. Ini menjadi kesimpulan bahwa suksesnya penyelenggaraan pemilu salah satunya adalah partisipasi masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat pleno, unsur Forkopimda, Ketua Bawaslu Kotamobagu Yunita Mokodompit beserta jajaran Komisioner, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Kotamobagu serta Parpol peserta Pemilu.

Peliput: Indra Umbola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *