Desa Purworejo Jadi Tuan Rumah Festival Budaya

Boltim, Terkini652 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Desa Purworedjo dan Liberia, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai memperindah jalan dan sejumlah titik termasuk lapangan Arjuna, dengan bendera serta umbul-umbul.

Adapun langkah tersebut, untuk menyambut menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Purworedjo dan Liberia yang ke- 39 tahun.

Tak hanya itu, di kedua desa tersebut juga tengah mempersiapkan Festival Budaya Adat Jawa. Festival ini rencananya akan digelar pada 19 Juni 2022, yang di kemas dalam acara Bersih Desa, sekaligus menyambut HUT Kabupaten Boltim yang ke-14 Tahun.

Kegiatan ini juga bertujuan melestarikan kearifan lokal, sekaligus menggali sejarah, juga mengembangkan potensi wisata budaya yang ada di Kabupaten Boltim.

Baca Juga: Pemkab Boltim Gelar Tes Wawancara dan Tertulis Calon Anggota BPD

Beberapa warga yakni Ibu Ayu dan Srinita warga Purworedjo mengatakan, acara ini adalah untuk selamatan ulang tahun dua desa, yakni Purworedjo Bersatu dan Liberia, yang sering di sebut Bersih Desa.

“Selamatan HUT kedua desa yang ke-39 tahun atau Bersih Desa, sebenarnya hari Sabtu. Namun perayaannya nanti akan dilaksanakan hari Minggu, yang akan di buka langsung oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto,” ucap mereka berdua saat ditemui Jumat, 27 Juni 2022.

Mereka melanjutkan kegiatan ini sudah sering dilaksanakan setiap tahun. Hanya saja dua tahun terakhir sempat tertunda dikarenakan Pandemi Covid-19.

“Kegiatan Bersih Desa dirangkaikan dengan HUT Boltim. Pasti meriah dan banyak pagelaran budaya Jawa yang akan ditampilkan seperti karnaval, kirab budaya jawa, festival kuliner lawas, campursari dan keploan panggung seni budaya yang akan dilaksanakan di lapangan Arjuna Purworedjo,” tambah mereka berdua.

Sementara itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, mengatakan, Bolaang Mongondow Timur merupakan daerah yang sangat kaya akan keragaman suku, adat istiadat, kepercayaan dan budayanya. Keberagaman tersebut tersatukan dengan simbol Negara Bhineka Tunggal Ika, yang memperteguh rakyat untuk bersama dan bersatu dalam keberagaman.

“Salah satunya adalah Budaya Jawa dan adat Jawa yang sudah ada di tanah Timur Totabuan sejak satu abad lalu. Maka dalam rangka menggali sejarah, melestarikan, dan mengembangkan potensi wisata budaya, maka mari kita bersama sukseskan festival kebudayaan jawa, yang di kemas dalam Bersih Desa Purworedjo Bersatu, dan Liberia Bersatu pada tanggal 19 Juni 2022 nanti,” ujarnya.(*).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *