Pemda Boltim Prioritaskan 5 Program Pembangunan yang Dituangkan Dalam Renstra

Boltim, Terkini325 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim) menggelar acara Presentasi rencana strategis (Renstra) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara resmi pada Jumat 28-30 Mei 2021 untuk mempresentasikan program serta kegiatan yang masuk dalam renstra. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto didampingi Wakil Bupati Oscar Manoppo di Hotel Mercure Tateli, Minahasa. 

Bupati Sam Sachrul Mamonto dalam sambutannya menjelaskan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari Visi – Misi dan Program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan dan keuangan daerah serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun.

Baca Juga: Fiko Onga Resmi Ditunjuk Sebagai Plt Askab PSSI Boltim

“Presentasi ini, juga untuk menguji kemampuan setiap kepala OPD dalam memaparkan isu strategi dan bersinergi dengan visi misi yang tertuang di setiap program kegiatan OPD itu sendiri,” kata Mamonto dalam penjelasannya.

Renstra OPD adalah rumusan tentang tujuan, sasaran, program dan kegiatan pembangunan dalam rangka pelaksanaan Urusan Pemerintahan Wajib dan/atau Urusan Pemerintahan Pilihan sesuai dengan tugas dan fungsi setiap perangkat daerah.

Baca Juga: Bupati Boltim Akan Lakukan Lelang Jabatan Untuk Seluruh SKPD

Sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wabup yang dimuat dalam materi kampanye lalu, terdapat rumusan lima Program Prioritas Daerah yakni;

  1. Peningkatan pendidikan Untuk sumber daya manusia yang berkualitas
  2. Pembangunan infrastruktur terkait jalan usaha tani dan akses Wisata
  3. Peningkatan pelayanan fasilitas kesehatan tingkat Pratama
  4. Peningkatan UMKM dan koperasi terutama di pedesaan
  5. serta Peningkatan pendapatan perkapita dan NTP.

“Lima program prioritas inilah yang harus dicapai pemerintah daerah kurun waktu lima tahun kedepan,” Pungkas Sachrul.

Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris daerah (Sekda) Sonny Waroka, para Asisten, Koordinator Staf Khusus Bupati Fiko Onga serta seluruh Kepala OPD jajaran Pemkab Boltim.(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *