Coaching Clinic Evaluasi Renja Dan Renstra, Sachrul  Fokus Pada Peningkatan IPM

JEJAK.NEWS, BOLTIMBUPATI Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, membuka kegiatan Coaching Clinic dan Evaluasi dokumen perencanaan Rencana Kerja (Renja) dan Rencana Strategi (Renstra) OPD Tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bappeda di Hotel NDC Manado, pada Kamis, 17/11/22. 

Acara ini dihadiri oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Boltim guna melihat capaian dan realisasi hingga triwulan III Tahun 2022. 

Bupati saat memberi sambutan mengatakan, sesuai dengan Permendagri nomor 86 tahun 2017 sangat tegas menyatakan bahwa evaluasi dan pengendalian bertujuan untuk mewujudkan konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan dan hasil rencana Pembangunan Daerah.

“Harus konsisten antara RPJMD, RPJPD dan RTRW Daerah dan kesesuaian antara capaian pembangunan daerah dan indikator kinerja yang ditetapkan,”ujar Mamonto dalam sambutan pembukaan.

Mamonto mengatakan, dengan kegiatan ini akan menjawab permasalahan perangkat daerah sehingga target tahun depan akan lebih baik lagi dengan capaian positif pada tahun sebelumnya. 

“Saya telah memotret kemampuan kepala OPD dalam memahami visi-misi Bupati dan Wakil Bupati. Saya tahu siapa yang paham dan yang tidak. Saya ingin pejabat yang benar-benar mengetahui arah pembangunan daerah. Harus ada capaian pembangunan yang signifikan.” tegas mantan komisioner KPU ini.

Baca Juga: Nikma Mokoagow: Peserta BPJS Kesehatan Segera Memanfaatkan Program Rehap

Bupati menjelaskan, ketika selesai pandemi covid-19, pertumbuhan ekonomi Boltim naik. Berarti dengan intervensi APBD maka Boltim berhasil. Namun ada yang kurang, yakni IPM Boltim masih rendah. Sehingga Bupati menekankan agar pejabat harus benar-benar mengerti bagaimana meningkatkan IPM Boltim. Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor terutama pendidikan.

“Tahun ini juga sudah digelontorkan anggaran untuk menyelesaikan, agar bisa ada peningkatan. Pejabat kalau tidak mampu maka harus diganti karena sudah satu tahun diberi kesempatan,” ujar mantan ketua DPRD Boltim ini.

Beliau juga menekankan, karena adanya keterbatasan APBD maka harus ada efisiensi anggaran di masing-masing OPD. Termasuk pemotongan anggaran untuk operasional Bupati. Lebih baik anggaran untuk kebutuhan masyarakat dalam bentuk pembangunan. 

“Tahun lalu anggaran Bupati dipangkas untuk penghematan, dan tahun depan juga akan dipangkas. Pimpinan berusaha agar anggaran ini sampai ke masyarakat untuk pembangunan daerah dan untuk kesejahteraan rakyat. Ini agar kalian paham bahwa harus ada penghematan terutama untuk anggaran yang tidak penting,” tegas Bupati yang juga mantan wartawan ini.

Di Akhir sambutan Mamonto mengatakan bahwa evaluasi yang dilakukan, nantinya menjadi penilaian untuk melaksanakan pergantian pejabat, agar tahun depan arah kebijakan terarah dan tepat sasaran.

“Terima kasih kepada narasumber sekaligus evaluator yang telah disiapkan oleh panitia. Semoga lewat  kegiatan ini proses perencanaan tahun depan akan lebih baik. Mudah-mudahan ini menjadi energi positif agar setelah kegiatan ini, semua akan bekerja lebih baik.”pungkas Mamonto.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain, DR. Magdalena Wullur, M.Si sebagai narasumber dan evaluator, Sekda, Ir.J. Sonny Warokka, Ph.D, Para Asisten dan Pimpinan OPD.(*).

ADVERTORIAL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *