Jadi Inspektur Upacara, Bupati: Sumpah Pemuda Satukan Perbedaan

Boltim, Terkini177 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Boltim gelar upacara yang dirangkaikan dengan apel Korpri di halaman kantor Bupati Boltim, pada Jumat 28/10/22.

Pada upacara peringatan Sumpah Pemuda tersebut, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah para Asisten dan bersama ratusan ASN lingkup jajaran Pemkab Boltim dimulai pada pukul 08.00 wita.

Bupati Boltim sebagai Irup, dalam kesempatan tersebut menyampaikan pidato sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah hasil Kongres Pemuda Indonesia pada tahun 1928, kemudian pembacaan sumpah pemuda. 

Baca Juga: Dalam Waktu Dekat Sachrul Dan Investor Teken MoU Kembangkan Danau Mooat 

Menurutnya, momentum hari sumpah pemuda 28 Oktober agar dapat direnungi sebagai pelajaran, kisah teladan dan inspirasi penggerak menuju visi besar Republik Indonesia, juga agar kita dapat mengambil pelajaran bagaimana kita bersikap terhadap perbedaan primordial, suku, agama, ras serta budaya yang kemudian perbedaan ini dapat dikelola menjadi sebuah kekuatan pemersatu, bukan dijadikan sebagai faktor yang dapat melemahkan persatuan. 

Hal inilah yang kemudian terbukti oleh sejarah bahwa peran pemuda yang telah memilih mempersatukan perjuangan melawan penjajah pada waktu itu, telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928, yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” kata Sachrul dengan penuh semangat. 

“Tema ini menjadi penting sebagai pengejawantahan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang, juga menjadi kekuatan untuk mendorong pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia,” demikian Bupati menandaskan pidatonya.

Upacara memperingati Sumpah Pemuda turut dihadiri Forkopimda Boltim, Kapolres, anggota DPRD Boltim, organisasi KNPI, OKP pemuda tokoh masyarakat dan agama, pimpinan SKPD(*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *