Bupati Boltim Perjuangan Pembebasan Lahan HGU Lonsiow Untuk Warga 

Boltim, Terkini447 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Harapan masyarakat Motongkad untuk mendapatkan lahan garapan dalam wilayah Hak Guna Usaha (HGU) Lonsiow Pemerintah Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sebentar lagi akan segera terwujud.

Diungkapkan oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto kepada awak media beberapa waktu lalu, beliau mengatakan jika pemerintah boltim akan memberi sebagian lahan HGU pada PT Lonsiow.

“Sudah pasti pemerintah akan kasih ke warga Motongkad, saat ini proses pembebasan HGU Lonsiow sudah diajukan ke pemerintah pusat lewat Kementerian agraria RI dan telah disetujui,” jelas Sachrul.

“Tinggal menunggu kabar terbaru dari Kementerian Agraria,” lanjutnya.

Baca Juga: Dani Berikan Apresiasi dan Catatan Khusus Untuk TB-NK Pada Paripurna Istimewa

Sementara itu salah satu warga Motongkad Utara atas nama Ap Massi yang telah lama menjadi pengharapan lahan dalam wilayah HGU ketika mendengar hal tersebut, mengungkapkan rasa bahagia dan mengaku sangat senang, karena aspirasi mereka setelah sekian lama akhirnya didengar oleh pemerintah.

“Ini kabar baik, karena kami sudah sejak lama berkebun di lokasi HGU Lonsiow dan berharap kedepan itu jadi hak milik. Alhamdulillah saat dengar kabar ini kami sangat gembira,” katanya dengan gembira.

Untuk saat ini lokasi HGU PT Lonsiow memiliki luas lahan sekitar 169 hektar dan sebagian dari lahan tersebut sedang digarap oleh warga yang menggantungkan hidup sebagai penggarap lahan.

Rencana pemerintah daerah boltim tersebut, lahan HGU Lonsiow selain diperuntukkan bagi warga sebagai lahan garapan yang kebetulan sejak lama mengolah lahan tersebut, sebagian lainnya dihibahkan ke pihak TNI untuk kebutuhan pembangunan pabrik amunisi.(*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *