GP Ansor Kotamobagu Gelar Diklat Terpadu Dasar Angkatan Ke III

JEJAK.NEWS, KOTAMOBAGU– Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pengurus Cabang (PC) Kotamobagu menggelar Diklat Terpadu Dasar (DTD) Bogani ke III, acara tersebut berlangsung di Kobong NKRI, Desa Poyowa Besar I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu 18-20 Maret 2022.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh oleh Ketua Pimpinan Wilayah (DPW) GP Ansor Sulut yang diwakili oleh Jusran Deby Mokolanut yang juga merupakan anggota DPRD Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Jusran Deby Mokolanut, sebagai pengurus DPW GP Ansor Sulut, memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan DTD Bogani III GP Ansor Kotamobagu tersebut.

“Terima kasih kepada GP Ansor PC Kotamobagu dan panitia yang telah melaksanakan kegiatan DTD ke III ini, DTD merupakan bagian dari cara menjalankan roda organisasi,” sebut Jusran.

Jusran juga menjelaskan dalam pembukaan tersebut, dalam organisasi GP Ansor meliputi berbagai tingkat pendidikan dan profesi mulai dari DTD, Pelatihan Kader Lanjutan (PKL), Sampai Pelatihan kepemimpinan Nasional (PKN).

Baca Juga: Serahkan LKPD Unaudited Kepada Kepala BPK RI, Bupati Optimis Perthankan WTP

Beliau juga mengatakan bahwa calon peserta DTD Ansor harus taat pada proses yang akan dilewati ketika telah mengambil pilihan untuk bergabung dengan keluarga besar Ansor.

“Sikap yang sahabat-sahabat pilih pada hari ini agar proses ini diikuti dengan baik. Dan yang paling utama adalah setiap pilihan dan sikap pasti ada pengorbanan.,” Jelas Mokolanot.

JDM menegaskan, GP Ansor tidak main-main dalam proses pengkaderan. Pasalnya, GP Ansor menginginkan kader yang petarung dan militan.

“Kami mengharapkan setelah DTD ini, sahabat-sahabat menjadi kader yang istiqomah, konsisten, militan, kuat, stronger dan siap menghadapi apa saja diluar sana berupa tantangan pribadi, organisasi, institusi dan beragama,” tegas JDM dalam sambutannya mewakili Ketua DPW GP Ansor Sulut Yusra Alhabsyi.

Sementara itu, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Nasrun Koto. SH.MH dalam sambutannya mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada GP Ansor Kotamobagu sukses melaksanakan DTD pada hari.

“Ikutilah kegiatan ini dengan baik untuk mendapatkan ilmu. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan yang akan menciptakan kader-kader NU yang benar-benar menjaga NKRI,” kata Nasrun Koto.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Kotamobagu, Hamri Mokoagow, S.Pd. MH, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Ketua PCNU Kotamobagu dan semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan DTD tersebut.

“Kader Ansor akan membela pimpinan kami. Siapapun yang ingin meng kriminalisasi pimpinan kami, wajib kami membela karena ini khittah organisasi,”tegasnya Hamri.

Selain itu, Hamri mengatakan, posisi kita berada di tengah-tengah, yaitu tidak ekstrim kanan ataupun ekstrim kiri dalam menyikapi kondisi dan negara dan dunia.

“Semoga kedepannya, pengkaderan hari ini akan melahirkan perspektif baru dan menghadirkan kader-kader Islam yang ramah bukan marah-marah, menjadi kader Islam yang benar-benar real, bukan menjadi oknum-oknum atas nama Islam yang mengkafirkan sesama umat Islam lainnya,” kata Hamri Mokoagow.

Ketua Panitia DTD Bogani ke III GP Ansor Kotamobagu, Muchtar Daeng mengatakan, kegiatan ini bertujuan melatih dan mendidik Kader Ansor dan Banser yang militan dan loyalitas.

“Meningkatkan integritas kepada NU dan memperkuat jiwa patriotisme kepada NKRI dan Pancasila,” kata Muchtar Daeng.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Kotamobagu Dani Ikbal Mokoginta, perwakilan dari Kemenag Kotamobagu, Perwakilan dari Dandim Kotamobagu, Pengurus NU Kotamobagu, Ketua MUI Kotamobagu, Ketua Muslimat NU, Pengurus Paguyuban Sunda, Pengurus GP Ansor Kotamobagu dan para peserta DTD Bogani ke III GP Ansor Kota Kotamobagu.(*).

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *