Bapemperda dan Komisi II DPRD Kotamobagu Lakukan Rapat Harmonisasi Ranperda LP2B

JEJAK.NEWS, KOTAMOBAGU– Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kotamobagu melakukan Rapat Harmonisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perlindungan Lahan Pangan dan Pertanian Berkelanjutan (LP2B) pada Senin, 13/03/23. 

Agenda rapat tersebut sebelumnya telah dijadwalkan untuk membahas beberapa masalah yang berkaitan dengan persediaan dan ketersediaan cadangan pangan sampai dengan bagaimana mereka yang disebut sebagai petani yang merupakan produsen pangan bisa diandalkan oleh keluarga dan daerah agar mampu memberdayakan dirinya melalui program yang disiapkan oleh pemerintah sebagai support atas sistem pertanian untuk ketahanan pangan daerah.

Rapat tersebut berlangsung hingga malam hari, yang dipimpin langsung oleh ketua Bapemperda DPRD Kotamobagu, Beggie Chandra Gobel bersama dengan anggota komisi II dan instansi terkait dari pemerintah Kota Kotamobagu yang khusus mengurus masalah ketahanan pangan dan pertanian. 

“Rapat tersebut dimaksudkan untuk membahas terkait dengan kemandirian pangan, ketahanan pangan, kedaulatan Pangan dan juga Kesejahteraan Petani Kotamobagu,” Ujar Dani Ikbal Mokoginta anggota Komisi I DPRD Kotamobagu yang ditemui oleh awak media usai rapat tersebut. 

Kunjungan kerja Spesifik oleh Bapemperda DPRD Kotamobagu, Beggie Chandra Gobel dan Dani Ikbal Mokoginta sebagai tindak lanjut dari Rapat harmonisasi Ranperda LP2B.

Dalam rapat tersebut Bapemperda dan Komisi II DPRD Kotamobagu mendorong agar Pemerintah Kotamobagu sebisa mungkin memikirkan upaya-upaya untuk perbaikan kesejahteraan para petani sebagai penghasil pangan, untuk mendapatkan fasilitas atau akses ke perbankan agar dapat dengan mudah mendapatkan modal pengolahan lahan pertanian. 

“Kami meminta agar pemerintah dapat melakukan langkah-langkah strategis untuk para petani yang ada di Kotamobagu terutama terkait dengan fasilitas dan akses kredit ke Bank-bank pemerintah,” lanjut mantan Ketua GP. Ansor Kotamobagu ini.

Menurutnya, hasil rapat tersebut akan ditindaklanjuti besok hari untuk melakukan kunjungan kerja Spesifik untuk mengecek dan memastikan lahan dan petaninya bersedia masuk dalam kawasan Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Dua Desa yaitu Pontodon dan Kobo Kecil.(*).

ADVERTORIAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *