Workshop Manajemen Mutu Puskesmas, Bupati Boltim Inginkan Pelayanan Sesuai Standar 

Boltim, Terkini467 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM- Sam Sachrul Mamonto,Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) membuka kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Manajemen Mutu Puskesmas, yang digelar di Hotel Quality manado, pada Rabu 08/12/21.

Kegiatan workshop tersebut, menghadirkan pembicara nasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan peserta workshop adalah seluruh Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Boltim.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menjelaskan bahwa mutu pelayanan kesehatan seperti yang termaktub dalam Perpres nomor 18 tahun 2020, sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

Merujuk pada Perpres dan RPJMN 2020-2024 tersebut, bahwa arah kebijakan dan strategi pembangunan kesehatan lima tahun kedepan adalah meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, menuju cakupan kesehatan semesta atau universal health coverage (UHC).

Baca Juga: Grand Opening Klinik Mata Di Kendari, dr. Wenny ajak Anak Muda BMR Terus Berkarya

Berdasarkan hal tersebut, peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar menjadi urgent,  Hal ini sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO), bahwa sangat erat keterkaitan antara peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar dan capaian UHC.

“Supaya amanat WHO dan RPJMN ini dapat dilaksanakan, maka perlu penguatan pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas, sebagai ujung tombak terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati, Workshop ini juga bertujuan untuk peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan, terhadap manajemen puskesmas yang baik.

“Saya berharap agar puskesmas dapat membentuk budaya mutu, yakni dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, baik secara individu dan masyarakat dengan optimal, sesuai standar pelayanan dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini,” tegas Bupati menutup pidatonya.

Terlihat hadir dalam kegiatan workshop tersebut Sekda Boltim, para Asisten dan Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaran selaku penyelenggara kegiatan.(*).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *