25.1 C
Kotamobagu
Rabu, 1 Februari 2023

Jadi Narasumber Bimtek Bupati Boltim Ingin Anggota BPD Bersikap Lebih Kritis

BUPATI Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, menjadi narasumber pada acara bimbingan teknis (Bimtek) untuk Peningkatan Kapasitas anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Boltim di hotel Sutan Raja Kotamobagu, pada rabu 07/12/22. 

Dalam kesempatan tersebut, sebagai pembicara Bupati Meminta kepada seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se- Boltim, untuk menjalankan fungsi pengawasan pembangunan ditingkat desa secara maksimal.

“Peran BPD sangat penting dalam proses pembangunan yang ada di desa, fungsi BPD sangat kuat, karena lembaga tersebut memiliki kewenangan dalam mengawasi seluruh proses kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa termasuk pengelolaan keuangan,” jelas Sachrul dihadapan peserta bimtek.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menekankan agar pemerintah desa lebih bersikap terbuka dengan anggota BPD dalam hal pengelolaan pembangunan ditingkat Desa apalagi terkait dengan tugas pokok dan fungsi BPD yang telah diatur dan diberi kewenangan oleh Undang-undang. 

“Sangadi jangan alergi dengan adanya anggota BPD yang kritis, ini untuk fungsi kontrol,” harapnya.

Ia juga menginginkan agar kedepannya anggota BPD lebih proaktif dan objektif mendorong kebijakan pembangunan ditingkat Desa, dengan bersikap lebih kritis terkait dengan kepentingan masyarakat. 

“Saya ingin kalian (BPD), menjadi orang – orang yang kritis. Tetapi mengkritisi demi membangun desa, bukan karena ada masalah pribadi dengan kepala desa,” harapnya. 

Ia menekankan bahwa jika hal ini dilakukan maka kedepannya kualitas anggota BPD akan semakin lebih baik, karena anggota BPD adalah orang-orang yang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk mendorong dan mengawasi pembangunan desa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat. 

“Kalian perpanjangan tangan dari masyarakat dan penyambung aspirasi masyarakat, sehingga harus bekerja dengan baik. Saya ingin kalian menjadi orang-orang yang hebat,” tandas mantan ketua DPRD Boltim ini.(*).

ADVERTORIAL

Latest news

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here