Bupati Bacakan Nota Keuangan Ranperda APBD 2023 Pada Sidang Paripurna

Boltim, Terkini395 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, hadir dalam rapat paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2023 oleh Pemerintah Boltim. 

Rapat paripurna tersebut dilaksanakan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Boltim, dengan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Waroka serta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, pada Selasa 25/10/22.

Dalam penyampaiannya, Bupati menjelaskan bahwa proses penyusunan APBD 2023 berpedoman pada Permendagri Nomor 84 tahun 2023, serta Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), dan Permendagri Nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Keuangan Daerah.

Baca Juga: Pemkab Boltim Deklarasi Pencegahan Kekerasan Dan Perkawinan Usia Anak

Menurutnya, tujuan utama dari penyusunan pengantar Nota Keuangan Ranperda APBD tahun anggaran 2023 adalah untuk memberikan gambaran terkait arah kebijakan pembangunan oleh pemerintah daerah yang dituangkan melalui program dan kegiatan. Selain itu, juga dimaksudkan untuk penentuan alokasi anggaran dalam skala prioritas untuk program pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2023.

“Meski dalam keterbatasan anggaran, pemerintah daerah terus berupaya memprioritaskan program peningkatan kualitas dan kuantitas SDM, pelayanan kesehatan, peningkatan ekonomi masyarakat, perlindungan terhadap lingkungan hidup serta pemberdayaan masyarakat pedesaan yang bertumpu pada kearifan lokal,” terang Bupati.

Pengalokasian anggaran untuk urusan wajib dan pilihan pada APBD tahun anggaran 2023 disesuaikan dengan ketentuan dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

“Mulai dari proses perencanaan, penyusunan program dan kegiatan, maupun penganggarannya,” jelas Sachrul dalam pidatonya di depan seluruh peserta sidang paripurna.

Melanjutkan, Bupati sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak terutama DPRD, yang telah turut serta mengawal dan mengawasi pelaksanaan program selama periode pemerintahan berjalan.

Ia juga mengajak semua pihak untuk terus teguhkan amanat rakyat guna akselerasi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Boltim kedepannya dengan bakti dan karya, serta kerja keras dan kerja cerdas dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

“Berdasarkan dengan program yang nyata dan matang, saya yakin ada manfaat untuk masyarakat,” pungkas Bupati mengakhiri pidatonya.(*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *