Bupati Hadiri Rapat Paripurna, Tandatangani Nota Kesepakatan Perubahan KUA-PPAS 2022 

Boltim, Terkini219 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Sam Sachrul Mamonto, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menghadiri rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam rangka membahas perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2022, di kantor DPRD Boltim, Tutuyan Jumat, 16/09/22. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan dalam sambutannya mengatakan bahwa proses pembahasan perubahan KUA-PPAS tahun ini dihadapkan pada pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang sedang mendekati endemi dan adanya ancaman Inflasi akibat dari kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah pusat. 

Baca Juga: Peringati Haornas, Dispora Gelar Lomba Maraton

Untuk itu, pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan sebagai langkah cepat dan menangani gejolak sosial ekonomi yang muncul melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 134 tahun 2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022. 

“Untuk menangani hal tersebut, pemerintah daerah wajib untuk menganggarkan belanja wajib sosial yang penggunanya untuk pemberian bantuan sosial, penciptaan lapangan kerja dan pemberian subsidi sektor transportasi,” jelas Sachrul. 

Ia menambahkan bahwa perubahan kebijakan umum anggaran serta perubahan prioritas dan plafon anggaran sementara merupakan tindak lanjut dari perubahan RKPD tahun 2022, hal tersebut berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis penganggaran keuangan daerah. 

Bupati, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada DPRD Boltim yang telah melakukan pembahasan antara Banggar dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah sebagai salah mekanisme yang harus dilewati sebelum penandatanganan nota kesepakatan antara eksekutif dan legislatif.

“Saya berharap dalam proses penyusunan perubahan APBD, pemerintah daerah dapat bersinergi dengan pihak legislatif, agar setiap tahapan penyusunan perubahan APBD dapat berjalan dengan baik,” harap Mamonto mengakhiri sambutannya di depan sidang paripurna.(abo).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *