Optimis, Mama Ichat Target Boltim Juara Satu Lomba TP-PKK Provinsi

Terkini286 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Seska Ervina Budiman, Ketua TP PKK Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menyambut kedatangan sekaligus mendampingi tim penilai lomba PKK dari Provinsi yang diwakili oleh Ketua Bidang dan Ketua Pokja untuk melakukan penilaian terhadap yang diikuti oleh lima Desa yang dipersiapkan sebelumnya. Selasa, 13/09/22. 

Sebelumnya tim penilai mengunjungi Desa yang ada di kecamatan kotabunan kemudian melanjutkan kunjungan tersebut di Desa Bangunan Wuwuk dan berakhir di Desa Liberia Timur. 

Untuk Liberia Timur sendiri menampilkan beberapa produk yang akan diperlombakan dengan Kopi olahan sebagai produk atau komoditas andalan seperti yang disampaikan oleh Sangadi Liberia Timur, Sudarno M, dihadapan Tim Penilai yang didampingi langsung oleh Ketua TP-PKK Boltim, Ibu Seska Ervina Budiman.  

Usai melakukan penilaian pengolahan Kopi di Desa Liberia Timur.

“Produk andalan liberia timur ini adalah Kopi, yang punya sejarah panjang sejak jaman Belanda yang berasal dari Liberika dan ini menjadi asal usul nama Desa Liberia,” kata Sudarno. 

“Kami sebagai pemerintah desa dan masyarakat sangat antusias dalam mengikuti lomba ini, dan harapan kami bisa menang dalam lomba ini,” lanjutnya penuh harap.

Ketua Bidang  Marieta Kuntag, di Kantor Desa Liberia menyampaikan jika kopi Liberia punya sejarahnya sebaiknya dibuatkan literasi yang terkait produk tersebut dalam bentuk packaging agar bisa semakin menarik. 

“Kita minta anak-anak untuk mempromosikan kopi lewat literasi, dibikin dalam bentuk packaging sehingga semakin menarik,” kata Marieta. 

Sedang mengecek proses pengolahan kopi

Baca Juga: Seska Persiapkan Lima Desa Ikuti Lomba TP-PKK Tingkat Provinsi

Ia juga menjelaskan, kita tahu bahwa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) merupakan salah satu destinasi wisata termasuk Boltim. Sulut ini sebenarnya kaya, kita terkenal di negara-negara luar dengan rempah-rempah,  seperti cengkeh, vanili, pala, kayu manis termasuk juga kopi. Dan inilah yang menarik VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) untuk datang ke Sulawesi utara. 

“Bagaimana pak Bupati dan kadis pertanian untuk duduk bersama kita diskusikan tentang kopi, buat teste kopi. Kemudian mengambil produk dari material terbaik,” lanjutnya memberi saran. 

Menurutnya, tinggal racikan kopi yang kita buat sebaik mungkin, karena perdagangan itu ada pilihan, ada choice, market, produk, brand dan lain-lain. 

Sedang melakukan wawancara dengan petani dan pengolah kopi.

Ditempat yang sama Ketua TP-PKK Boltim Seska Ervina Budiman, ketika dimintai tanggapan terkait dengan proses serta hasil penilaian dan juga masukan dari tim juri, beliau mengucapkan terima kasih dan menunjukkan rasa percaya diri untuk menang dalam lomba kali ini.

“Kami telah berusaha memberikan yang terbaik, insya allah penilaiannya tinggal tunggu hasil. Saat ini kami telah bekerja keras, karena untuk merebut itu lebih mudah daripada mempertahankan,” kata Mantan anggota DPRD Boltim ini. 

Untuk target juara sendiri, dirinya merasa optimis, karena sebelumnya tahun lalu TP-PKK Boltim meraih juara dua dari enam lomba yang diikuti pada tingkat Provinsi. 

“Kalau memang Allah berkenan, kami tetap optimis mempertahankan. Jika bisa kami ingin lebih baik dari tahun kemarin,” pungkasnya.(abo).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *