21.7 C
Kotamobagu
Kamis, 18 Agustus 2022

Disdikbud Boltim Wajibkan Berbahasa Mongondow Disekolah

JEJAK.NEWS,BOLTIM – Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menerapkan tarian Dana-dana di setiap Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Boltim. Kamis 28/07/22. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Disdikbud Boltim, Yusri Damopolii mengatakan bahwa tarian khas dari Bolaang Mongondow (Bolmong) tersebut diterapkan di 86 sekolah se-Boltim.

Penerapan kebijakan tarian dana-dana ini merupakan salah satu cara pewarisan budaya Bolaang Mongondow kepada seluruh anak didik yang merupakan generasi penerus, dengan demikian ingatan terhadap masa lalu semakin kuat dan melekat kuat pada memori para siswa. 

Baca Juga: Permudah Kredit Untuk ASN, Bupati Boltim Tandatangani  MoU Dengan Bank Prisma Dana

“Hari ini, kami mulai menerapkan tarian Dana- dana di setiap SD dan SMP, katanya.

Yusri juga menambahkan, selain tarian Dana-dana yang diwajibkan setiap hari kamis, pihaknya pun menerapkan penggunaan bahasa daerah Bolmong di sekolah.

Penerapan bahasa mongondow sendiri sebagai upaya untuk melestarikan bahasa lokal daerah yang kian hari semakin hilang tanpa disadari, maka sebagai langkah antisipasi Disdikbud mewajibkan seluruh siswa untuk menggunakan bahasa lokal tersebut pada setiap hari Kamis dalam seminggu. 

“Tak hanya Dana-dana, kami juga sudah menerapkan penggunaan bahasa Daerah Bolaang Mongondow pada setiap hari Kamis setiap minggu berjalan,” ujar Yusri. 

Bahasa Mongondow sendiri merupakan bahasa ibu untuk daerah Bolaang Mongondow yang merupakan salah satu identitas masyarakat suku mongondow yang ada di Sulawesi Utara.(*).

 

Latest news

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here