DLH Boltim Siapkan Armada Pengangkut Sampah Untuk Dijadikan Kompos

Boltim, Terkini337 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus berupaya melakukan pelayanan maksimal kepada masyarakat, salah satunya adalah menghadirkan solusi penanganan sampah rumah tangga yang terus diproduksi oleh masyarakat. 

Merespon hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemkab Boltim menghadirkan Becak Motor (Bemor) pick up berada tiga sebagai kendaraan pengangkut sampah bagi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Bemor ini digunakan untuk mengangkut sampah di beberapa ruas jalan, khususnya untuk mengangkut ranting- ranting pohon dan dedaunan yang ada di jalanan,” ujar Kepala DLH Boltim, Sjukri Tawil.

Menurut Sjukri, dengan adanya keberadaan kendaraan Bemor tersebut untuk mengangkut sampah, maka mobilitas pengumpulan sampah akan lebih mudah dan  sampah di wilayah ibu kota Boltim di Tutuyan dapat segera diatasi dengan mudah, sehingga tidak terjadi penumpukan sampah.

Baca Juga: SSM Presentasi Usulan Penyerahan HGU Lonsio di Kementerian ATR

“kami terus berupaya dengan maksimal mengatasi soal sampah di Boltim,” jelas Sjukri.

Tidak hanya sebatas pengangkut sampah di wilayah ibu kota, beliau juga mengatakan bahwa kendaraan Bemor sebagai pengangkut sampah bisa digunakan oleh pihak kecamatan jika ada yang ingin menggunakannya dengan waktu yang ditentukan.

“Bemor ini juga bisa dipinjam pakaikan ke kecamatan, tapi tidak bisa dalam waktu yang lama,” tambahnya.

Sedangkan untuk tempat pembuangan sementara (TPS) lokasinya terletak di ujung Desa Togid Kecamatan Tutuyan. Di Tempat tersebut, sampah dapat diproses untuk dijadikan sebagai pupuk kompos yang nantinya dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat untuk memupuk tanaman.

“Di tempat pembuangan sementara kita telah buatkan lubang untuk menimbun sampah, nantinya sampah ditimbun tersebut, setelah sekian lama akan hancur dan menjadi pupuk dan pupuknya bisa kita pakai,” pungkasnya.(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *