Lantik Pj Sangadi Moyongkota, Bupati: Tahun Ini Boltim Belum Ada Pilsang Serentak

Boltim, Terkini479 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos M.Si, melantik Heny Eva Mamonto, SP sebagai Pejabat Sangadi (Pj) Desa Moyongkota, Kecamatan Modayag Barat, di Kantor Desa Moyongkota, pada Selasa, 01/03/22.

Pelantikan Pj Sangadi tersebut dilakukan untuk mengisi kekosongan Pejabat Pemerintah di Desa sehingga pelayanan terhadap masyarakat tidak terkendala dan tetap berjalan dengan teratur.

Bupati berpesan dalam sambutannya, agar Pj Sangadi yang baru dilantik untuk secepatnya melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran pemerintahan desa tersebut, membahas tentang progres serta program pembangunan yang ada di wilayahnya.

“Kepada Sangadi yang baru dilantik, agar dapat menjalankan tugas dan amanah sebaik-baiknya, serta melakukan koordinasi dengan aparat Desa maupun Pemerintah Kecamatan terkait kelancaran program kegiatan yang ada di Desa,” ucap Bupati.

Baca Juga: Bupati Santuni Korban Kebakaran Di Kotabunan

Bupati melanjutkan, Sangadi mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam positifnya sebagai pemerintah Desa. Selaku kuasa pengguna anggaran pengelolaan Dana Desa, Sangadi mesti mampu mengelola Dana Desa dengan baik berdasarkan aturan dan peruntukannya.

“Sudah ada beberapa Sangadi yang dicopot dari jabatannya karena bermasalah dalam pengelolaan Dana Desa. Bahkan, sudah ada yang masuk penjara,” tegas Sangadi.

Sedangkan terkait pelaksanaan Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di Boltim, Bupati menjelaskan masih menunggu perkembangan kedepan sebab tahun ini Boltim belum bisa menyelenggarakan pilsang dikarenakan anjuran dari Pemerintah Pusat harus melakukan refocusing anggaran di masa pandemi covid-19. 

Dalam pelaksanaan pilsang serentak sendiri dalam uraian Bupati ketika memberikan penyampaian dalam acara tersebut, membutuhkan biaya yang cukup besar dalam hitungan hitungan paling minimal mencapai 6 miliar rupiah.

“Semoga tahun 2023 sudah tidak ada lagi instruksi Pemerintah Pusat untuk melakukan refocusing di Daerah. Dengan demikian, kita akan lebih leluasa mengatur pos-pos anggaran termasuk anggaran penyelenggaraan Pilsang serentak,” demikian Bupati berharap.

Acara tersebut berlangsung khidmat dengan dihadiri oleh mantan Wakil Bupati Boltim Drs.  Rusdi Gumalangit yang saat ini menjadi staf khusus Bupati, Asisten I, Kepala DPMPD, Kadis Kominfo, Kadis Sosial, Kaban Kesbang, dan Camat Modayag Barat.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *