Sachrul-Tatong Tandatangani MOU Yang Memuat 3 Poin Kerjasama Dua Daerah

Boltim, Terkini172 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto menerima kunjungan kerja (Kunker) Walikota Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara dalam rangka membangun kerjasama antar dua Daerah, pada Rabu 22/12/21 di Tutuyan.

Hubungan kerjasama tersebut diikat secara resmi yang dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MOU) antar dua daerah yang memuat beberapa poin penting dalam kerjasama tersebut.

“Untuk kepentingan dua pemerintahan, siang ini baru tiga yang ditandatangani yaitu pengujian kendaraan bermotor dalam hal ini Dinas perhubungan, Dinas PU terkait pembangunan jalan lingkar yang menghubungkan 4 daerah dan pemadam kebakaran,” ungkap Walikota. 

Walikota juga menjelaskan untuk jalan lingkar direncanakan akan dibangun sepanjang 47 kilometer yang menghubungkan empat daerah yaitu Boltim, Bolsel, Kotamobagu dan Bolaang Mongondow. 

Baca Juga: Disebut Sebagai Ibu Kota Sampah, Bupati: TPA, Anggaran dan Kebijakan Adalah Warisan Pemerintah Sebelumnya

Selain sebagai konektivitas empat daerah tersebut, jalan lingkar tersebut dapat dimanfaatkan untuk akses fasilitas rumah sakit kota Kotamobagu sebagai rumah sakit rujukan di bolaang mongondow raya dan juga untuk mengakses Bandara yang nanti akan dibangun di Kabupaten Bolaang Mongondow. 

“Saya berima kasih kepada Ibu Walikota bisa berkunjung ke bolaang mongondow timur dalam rangka penanganan pkb ini, beliau sangat membantu kami dalam melakukan lobi anggaran terkait pembangunan di boltim,” ucap Bupati Boltim.

Bupati menjelaskan bahwa kerja sama ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus KIR, kerjasama awal ini di data di boltim kemudian di KIR di kotamobagu, untuk jalan lingkar yang merupakan bantuan loby dari walikota kotamobagu terkait anggaran pelebaran jalan sehingga akses kendaraan lebih luas ketika memasuki wilayah boltim.

Sedangkan yang terakhir adalah kerjasama pemadam kebakaran untuk wilayah pegunungan, dimana ketika terjadi kebakaran akses mobil damkar yang ada di ibukota kabupaten sangat sulit dan butuh waktu, sehingga pemerintah boltim bekerjasama dengan pemerintah kotamobagu untuk menggunakan mobil damkar dari kotamobagu ketika terjadi kebakaran diwilayah modayag.

Selain menjelaskan tiga poin kerjasama tersebut, Bupati boltim juga merencanakan kedepannya nanti agar boltim- kotamobagu bisa menanggulangi masalah sampah bersama yang rencananya pengelolaan sampah di boltim akan diserahkan kepada pemerintah Kotamobagu dalam bentuk kerjasama yang menguntungkan.

“Selama tiga belas tahun pemekaran kami belum memiliki tempat pengelolaan sampah, mungkin pemerintah kotamobagu dalam hal ini Walikota bisa bekerjasama dengan boltim dalam penanggulangan sampah dengan sistem retribusi,” pungkas bupati

Terlihat hadir dalam acara penandatangan MOU kedua daerah tersebut, Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid, SIK. Dandim 1303 Bolaang Mongondow Kol. Inf. Raja Gunung Nasution, Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara, Ketua DPRD Kotamobagu Meidy Makalalag, dan Sejumlah OPD.(abo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *