Sam Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo Dijemput dengan Prosesi Adat

Advertorial, Boltim220 Dilihat

BUPATI dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), disambut oleh warga masyarakat Boltim bersama dengan seluruh jajaran pemerintahan serta para tetua sebagai pemangku Adat pada Sabtu, 27 Februari 2021, di perbatasan Kotamobagu dan Boltim.

Pada proses tersebut, tetua adat menyambut Bupati dan Wakil Bupati terpilih dengan itu-itum (ucapan doa) dalam bahasa Mongondow, Bahasa tersebut adalah bahasa adat Bolaang Mongondow yang sangat langka tidak sering diucapkan dalam keseharian masyarakat Mongondow.

Dalam itu-itum tersebut terdengar tetua adat dalam ucapan itu-itumnya memohon kekuatan kepada yang maha kuasa menurunkan kekuatan, kesehatan, keberkahan, serta keturunan yang baik untuk kedua pemimpin yang baru tersebut.

Melanjutkan proses tersebut Bupati dan Wakil Bupati disambut dengan tari Tuitan, tarian tersebut hanya untuk menyambut tamu dan tokoh penting yang masuk ke wilayah Mongondow sebagai penghormatan atas posisi para Tokoh atau tamu tersebut dan sekaligus sebagai simbol bahwa mereka diterima secara resmi sebagai bagian dari masyarakat Mongondow.

Melanjutkan proses selanjutnya tetua adat mengucapkan lagi doa-doa dalam bahasa Mongondow memohon keselamatan kepada yang maha kuasa dan meminta restu para leluhur untuk kedua pemimpin yang baru agar mendapat petunjuk dan perlindungan dalam menjalankan pemerintahan ke depan. 

Kemudian tetua adat menuntun langkah Bupati dan Wakil Bupati untuk masuk ke wilayah administrasi pemerintahannya sambil membersihkan jalan dengan sapu dari bahan khusus untuk prosesi adat sebagai simbol menyapu bersih jalan kepemimpinan agar jauh dari gangguan yang bersifat merusak.

Selesai semua prosesi adat dilakukan masyarakat mengantarkan Bupati dan Wakil Bupati Boltim yang sah menuju ke rumah putih milik kediaman Bupati untuk merayakan pelantikan dan penerimaan secara adat.

Advertorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *