Peduli Hak Asasi Manusia, Boltim Dapatkan Penghargaan Dari Kemenkumham

JEJAK.NEWS, BOLTIM – Kepala Bagian Hukum Setda Bolaang Mongondow Timur, Ciendy Mongkaren, SH. MH. mewakili  Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto menerima piagam penghargaan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Hak Asasi Manusia (HAM), DR. Mualimin Abdi, SH.  MH. pada Senin kemarin, 12/12/22.

Penghargaan yang dianugerahkan oleh Dirjen HAM tersebut kepada Pemerintah Boltim, sebagai penghargaan kepada atas kepedulian Kabupaten Boltim terhadap HAM pada Tahun 2021 lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan pada  acara puncak peringatan Hari Hak Asasi Manusia yang ke-74 tahun dimana Kementerian Hukum dan HAM sebagai penyelenggara acara tersebut, di dilaksanakan di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta.

Mewakili Pemerintah Boltim, Ciendy mengucapkan terima kasih kepada pihak Kemenkumham atas penghargaan dari yang diberikan sebagian bentuk apresiasi kepada Pemerintah Boltim atas prestasi tersebut.

“Terima kasih atas kerja keras semua pihak yang terlibat, sehingga Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dapat meraih penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia tahun 2021,” kata Ciendy.

Ia mengatakan sesungguhnya penghargaan yang didapatkan oleh pemerintah boltim ini,  tidak lepas dari peran Bapak bupati Sam Sachrul Mamonto yang terus mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam memenuhi hak masyarakat serta meningkatkan mutu pelayanan.

“Tentu, hal ini adalah merupakan pencapaian dari seluruh perangkat daerah yang berada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, terutama dorongan dari pak bupati Boltim,” sebutnya. 

Untuk parameter penilaian dilakukan oleh tim penilai adalah 10 indikator yang harus dipenuhi pemerintah daerah, yakni: Laporan Hak Sipil dan Politik yang di dalamnya, Hak atas bantuan hukum, Hak atas informasi, Hak turut serta dalam pemerintahan, Hak atas Keberagaman dan Pluralisme dan Hak atas Kependudukan.

Sementara untuk Laporan Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya yang kriteria di dalamnya yaitu, Hak atas kesehatan, Hak atas pendidikan, Hak atas pekerjaan, Hak atas lingkungan yang baik, Hak Perempuan dan Anak. 

Adapun tema yang diusung pada peringatan hari HAM yang ke-74 adalah “Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju (Advancing Human Rights for Everyone)”, yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly didampingi Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Edward O.S Hiraej, Gubernur, Walikota, dan Bupati, serta para tamu dan undangan.(*).

ADVERTRIAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *