SSM Tanggap Bencana, Bersama Kepala Balai Sungai Atasi Penyebab Banjir Motongkad

Boltim, Terkini277 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Untuk menghindari bencana banjir susulan, Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto bergerak cepat siang tadi membawa Kepala Wilayah Balai Sungai Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) I, untuk meninjau Daerah Aliran Sungai (DAS) penyebab banjir di Desa Motongkad Utara, Rabu, 06/04/22. 

Kedatangan Kepala Wilayah Balai Sungai Sulut I, Ir. I Komang Sudana dalam rangka untuk melakukan survei dan investigasi DAS yang menjadi penyebab banjir di Desa Motongkad Utara, untuk kemudian akan ditanggulangi dengan rencana pemasangan bertangan pasangan kawat bronjong sebagai penahan erosi tanah akibat pengiriman air sungai. 

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) Boltim, Haris Sumanta kepada sejumlah awak media. 

Baca Juga: Segera Cair, TKD PNS Boltim Akan Dirapel

“Kedatangan Kepala Balai Sungai untuk melakukan survei dan investigasi, dari hasil tersebut bagian Balai Sungai akan memberikan kawat bronjong kepada pemerintah boltim yang kemudian pelaksanaan teknisnya akan diserahkan kepada masyarakat secara swadaya,” jelas Haris. 

Haris melanjutkan, bahwa pemberian kawat bronjong tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan tanggap bencana oleh Balai Sungai Sulut untuk mengantisipasi akan terjadinya bencana banjir susulan.

“Untuk selanjutnya Balai Sungai akan mengusulkan ke pusat, siapa tahu nanti akan ada perluasan badan Sungai, karena memang badan Sungai tersebut sangat kecil,” terangnya. 

Kawat bronjong yang diberikan oleh Balai Sungai Sulut tersebut sepanjang 100 meter dengan tinggi empat susun dan nanti Dinas PUPR Boltim bersama masyarakat akan melakukan pemasangan kawat bronjong tersebut.

“Untuk pelaksanaannya, dalam waktu satu atau dua hari kedepan kami akan menjemput kawat tersebut di Manado, nanti batu akan dikumpulkan secara swadaya oleh masyarakat dan Dinas terkait,” pungkas Haris.(Abo).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *