Bincang-Bincang Bersama Kadis Kominfo Boltim

Boltim, Terkini495 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Khaeruddin Mamonto, SE Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, menggelar diskusi ringan di ruang kerjanya pada bersama para jurnalis Boltim. 

Dalam diskusi ringan tersebut, para jurnalis mencoba melihat lebih dekat untuk mengetahui profil singkat dari Kadis Kominfo tersebut, untuk kesempatan pertama beliau menjawab motivasi awal sebagai ASN.

“Tentunya sebagai warga negara masuk menjadi ASN sejak tahun 2010, ingin mengabdi pada negara dan Memiliki penghasilan yang jelas, serta jaminan hari tua,” Jawab Kadis.

Selanjutnya beliau menjelaskan pengalaman dan tantangan beliau dalam menempati berbagai posisi dan jabatan di pemerintahan.

“Bagi saya semua jabatan itu mempunya tantangan, akan tetapi dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks, seperti digitalisasi, globalisasi, information overload, maupun tantangan saat ini yaitu pandemi Covid-19, tidak bisa dipungkiri bahwa globalisasi dan digitalisasi menuntut ASN, khususnya ASN milenial untuk menjadi generasi pembelajar atau lifelong learner,” lanjut Khaeruddin. 

Baca Juga: Pergeseran Jabatan, Yusril Kembali Jabat Kadis Pendidikan 

Beliau melanjutkan bahwa untuk menjadi ASN di zaman ini, tidak hanya menerima, tetapi juga beradaptasi dan mengikuti perubahan ke arah yang positif. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masif saat ini tentu menjadi tantangan sekaligus peluang bagi ASN untuk memenangi persaingan global.

Untuk menghadapi tantangan dalam persaingan global, ASN tidak boleh hanya sekedar bekerja menjalankan tugas-tugas rutin saja atau business as usual. Contoh  kondisi pandemi Covid-19 sebagai sebuah kondisi dimana ASN harus adaptif, responsif, inovatif, dan kreatif terhadap sebuah perubahan. Bahkan ASN harus bisa menyesuaikan diri dengan the new normal yang diramalkan akan terjadi setelah pandemi Covid-19 berakhir. 

“Jadi ketika kita masuk ke kantor kita harus benar-benar menyadari ada new normal dan kita harus beradaptasi sehingga hal tersebut tidak mempengaruhi produktivitas kita. Caranya membagi waktu buat keluarga disaat pekerjaan selaku abdi negara,” jelas Khaeruddin. 

“Memang tuntutan pekerjaan seringkali menyita waktu dan pikiran. Banyaknya tanggung jawab di tempat kerja, seperti tenggat waktu, rapat, target yang harus dicapai, dan lainnya memang seringkali membuat kita lupa waktu,” terangnya.

Dia juga menambahkan, tak jarang, waktu yang semestinya kita habiskan bagi keluarga harus tersita untuk pekerjaan karena tugas yang diamanahkan oleh negara. Sulit memang, namun kita tak bisa terus-menerus mengorbankan waktu bersama keluarga demi pekerjaan. Untuk menjawab hal tersebut, beliau mempunyai cara mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarga agar hidup seimbang dengan selalu menjaga komunikasi dengan baik, merencanakan liburan bersama keluarga serta memanfaatkan jatah cuti secara berkualitas.

“Harapan kedepan tentunya lebih giat bekerja serta penuh tanggung jawab terhadap pekerjaan, apa terlebih hari ini saya dipercayakan oleh bupati Boltim sebagai Kadis Kominfo tentunya Tantangan digitalisasi merupakan peluang yang bisa digunakan untuk berinovasi, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi informasi,” demikian Khaeruddin menandaskan.

Berikut biographi singkat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Boltim

Nama    : Khaeruddin Mamonto, SE

Lahir      : Kotamobagu, 8 Januari 1984

Jabatan : Kadis Kominfo Kab. Boltim

Istri.       : Nani Mamonto, S.Pd

Anak : 

  1. Khaliza Az Zahra Mamonto
  2. Adinata Caezar Mamonto
  3. Ahmad Zanky Mamonto

Zodiak : Capricorn

 

Pendidikan :

SMA N 1 Kotamobagu Tahun 2001

Universitas Dumoga Kotamobagu 2007

 

Riwayat Pekerjaan dan Jabatan :

Pengalaman sebagai ASN 2010 Di Pemkab Boltim:

  1. Kasubag Humas dan Protokol Setwan Kab. Boltim
  2. Kasubag Program dan Pelaporan Bapelitbangda Kab. Boltim
  3. Kasubag Persandian dan Telekomunikasi Bag. Humas Setda Kab. Boltim
  4. Kabag Umum dan Keuangan Setwan Kota Kotamobagu
  5. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kotamobagu
  6. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bolaang Mongondow Timur(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *