Bupati Disambut Secara Adat Dalam Acara Tulude

BUPATI Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto dengan didampingi oleh Istri tercinta, Seska Ervina Budiman, hadir dalam upacara adat Tulude masyarakat etnis Sangihe yang digelar di Desa Jiko Belanga, Kecamatan Nuangan, pada Kamis, 03/02/22.

Upacara adat Tulude merupakan hajatan tahunan warisan para leluhur masyarakat Nusa Utara (kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).  Warisan masa lalu tersebut, menjadi sebuah tradisi dan masih terus dilestarikan.

Upacara tulude telah berlangsung sejak  ratusan tahun lalu secara turun-temurun dan diyakini sebagai upacara yang sakral dan religi bagi masyarakat Sangihe sebagai cara untuk mengungkapkan rasa syukur atas segala berkat kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Mahakuasa).

Saat melakukan kunjungan dalam hajatan masyarakat adat Sangihe tersebut, Bupati bersama Istri saat memasuki pintu masuk Desa, disambut dengan tarian adat ‘Pelonihaka’ kemudian diarah langsung menuju tempat pelaksanaan kegiatan acara adat Tulude tersebut.

Bupati sendiri menyatakan, beliau merasa sangat bangga bisa menghadiri acara besar tersebut, hadir ditengah-tengah masyarakat etnis Sangihe Talaud dalam melaksanakan ribuan adat Tulude. 

“Terima Kasih kepada masyarakat Jiko Belanga telah mengundang saya, Upacara tulude ini sudah tidak asing lagi bagi saya karena istri saya orang sangihe dan tiap pulang ke kampung istri, saya sering melihat dan ikut terlibat dalam upacara adat tulude seperti ini,” ungkapnya.

Selesai menghadiri ribuan upacara adat Tulude tersebut, Bupati Sam Sachrul Mamonto, langsung meresmikan jalan desa Jiko Belanga yang baru selesai diperbaiki oleh pemerintah dengan ditandai pengguntingan pita.(*).

ADVERTORIAL 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *