Dinas Kominfo Boltim Dorong Pemanfaatan Teknologi Informasi Desa Lewat Website

Boltim, Terkini297 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) terus meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai sektor dan tingkatan, termasuk sampai pada tingkat desa dengan mendorong peningkatan website Desa.

Kepala Dinas Infokom Boltim Khaeruddin Mamonto ketika ditemui awak media mengatakan, keberadaan Website Desa penting agar masyarakat bisa mengetahui rencana kerja, potensi wilayah serta keberhasilan program pembangunan oleh pemerintah hingga tingkat paling rendah sesuai dengan amanah UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

“Tahun ini Diskominfo akan memfasilitasi 80 Desa dalam pembuatan website resmi secara gratis dengan dukungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD),” ungkap Khaeruddin.

Dia melanjutkan, hingga saat ini di Boltim dari seluruh desa yang ada, baru 1 Desa memiliki website yaitu Desa Bukaka, sedangkan untuk 80 Desa sedang dalam proses pendaftaran domain ke Kementerian Kominfo melalui lembaga Pendaftaran Nama Domain Indonesia (PANDI).

Hal ini berdasarkan Permen Kominfo Nomor 5 Tahun 2015 tentang Registrasi Nama Domain, dimana semua domain website pemerintah termasuk milik desa harus resmi tercatat di PANDI Jakarta.

“Nantinya operator pengelola website pada masing-masing desa tersebut akan kita berikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan website desa,” Sambungnya.

Dengan adanya keberadaan Website desa ini, akan menjadi etalase desa terutama dalam pelaksanaan program pemerintahan yang transparan, promosi keunggulan sumber daya alam, pariwisata serta produk-produk lokal.

“Ada banyak sekali manfaat yang akan didapat oleh desa yang mempunyai website resmi yang dikelola sendiri oleh pemerintah desa, dengan website desa, pemerintah desa dapat memberikan informasi kondisi desa, promosi pariwisata, produk, ataupun promosi potensi lainnya,” pungkas Kadis Kominfo ini.(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *