Pelantikan PWI Boltim, Bupati: Harus Profesional, Jangan Jadi Wartawan Kampungan

KETUA Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Voucke Lontaan melantik secara resmi pengurus PWI Bolaang Mongondow Timur (Boltim) periode 2021-2024, dibawah kepemimpinan Edmon Laloan Mamonto, pada Kamis 30/09/21 di Aula Kantor Dinas Pendidikan.

Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, hadir dalam acara tersebut selaku penasehat PWI Boltim turut memberikan support dan ucapan selamat atas dilantiknya kepengurusan tersebut.

“Selamat kepada adik-adik saya yang hari ini dilantik sebagai pengurus organisasi wartawan tertua di negeri ini,” ucap Bupati ketika menyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan nasehatnya sebagai seorang mantan jurnalis agar para pengurus PWI selalu mengedepankan profesionalitas sebagai seorang pewarta berdasarkan pada kode etik jurnalis.  

“Sekarang adalah era kebebasan pers, tapi kebebasan tersebut tidak boleh disalahgunakan atas nama kebebasan pers. Harus perhatikan kode etik jurnalistik, tidak boleh sembarang menulis. Harus memenuhi unsur 5W1H yang sumber beritanya terkonfirmasi dengan jelas,” jelas Jurnalis Senior ini.

Dalam sambutannya tersebut, Beliau menekankan untuk selalu bersikap objektif dan profesional dalam melakukan kerja-kerja pers sehingga berita yang hadir di hadapan pembaca menjadi berimbang. 

 

“Hanya karena tidak suka dengan seseorang kemudian menulis berita dan menyerangnya secara pribadi. Kalian tidak boleh seperti itu. Jangan jadi wartawan kampungan, harus profesional,” tegasnya mengingatkan.

Sebagai seorang pimpinan daerah, Bupati juga menjelaskan bahwa ruang kritik sangat terbuka bagi pemerintah daerah, jika kemudian nanti ada kekeliruan tata kelola pemerintahan. 

 

“Jika pemerintah salah, silahkan kritik dengan cara yang konstruktif agar nanti akan kami perbaiki. Jika kepala dinas salah, silahkan kritisi karena hal tersebut tugas kalian,” jelasnya 

Bupati juga mengingatkan bahwa pekerjaan sebagai wartawan dibatasi dan diatur oleh ketentuan hukum yang diatur dalam Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, juga ada kode etik jurnalistik agar lebih profesional dalam menulis dan menghadirkan informasi.

“Insyaallah kalian yang baru dilantik bisa mengemban tugas dengan baik, dan menjadi wartawan yang benar-benar profesional,” pungkas Sachrul. 

 

Terlihat hadir dalam acara tersebut, Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK, Anggota DPRD Boltim Samsuddin Dama, Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan, Sekretaris PWI Sulut Merson Simbolon, Kepala Diskominfo Boltim Khaeruddin Mamonto, Kepala Kesbangpol Boltim Hendra Tangel, Kabag Tapem Setda Boltim Ikhlas Pasambuna beserta tamu dan undangan.

ADVERTORIAL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *