Sekda Boltim Hadiri Acara Bimtek peningkatan Kapasitas BPD 

Boltim, Terkini484 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sonny Warokka menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di Hotel Sutan Raja Kotamobagu. Pada Selasa, 06/12/22.

Sonny Warokka mengatakan bahwa terlaksananya kegiatan ini untuk menciptakan perubahan yang lebih baik di desa.

“Tadi saya memberi materi terkait kebijakan pemerintah daerah terhadap tugas dan fungsinya BPD,” kata Sonny Warokka.

Ia menyampaikan bahwa dirinya mengangkat tentang bagaimana peran fungsi BPD dalam rangka menjabarkan kebijakan pimpinan pemerintah daerah.

Baca Juga: Dinas PMD Boltim Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Untuk Anggota BPD

“Contoh misalnya pelaksanaan visi misi pak bupati, yang kalau dilihat visi misinya adalah pembangunan yang berkelanjutan dan berbasis pedesaan sebenarnya. Itu artinya pembangunan itu diarahkan ke pedesaan. Itu artinya peran desa itu besar, termasuk peran dan fungsi BPD,” jelasnya.

Menurut Sekda, kalau BPD melakukan peran dan fungsinya dengan benar akan berdampak luar biasa bagi kemajuan desa.

“Bagaimana penjabaran program pemerintah kabupaten ke desa dan bagaimana program desa yang lahir dari aspirasi masyarakat. Sebab kalau tidak menjalankan peran dan fungsinya maka tidak akan ada kontrol terhadap pembangunan di desa. Itulah pentingnya sehingga dilakukan peningkatan kapasitas BPD ini,” ujar Sonny

“Minimal bangkitkan motivasi dan semangat bahwa peran BPD ini penting bukan hanya pelengkap. Ada peran dan fungsi besar BPD di desa,” lanjutnya

“Harapannya dengan mereka memahami peran dan fungsinya apa, maka akan terlihat perubahan yang akan terjadi di desa,” demikian tandasnya.(*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *