Dinas PMD Boltim Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Untuk Anggota BPD

Boltim, Terkini103 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, pada Senin, 05/12/22.

Kegiatan peningkatan kapasitas anggota BPD se-Kabupaten Boltim tersebut digelar di Ballroom Sutan Raja Hotel Kotamobagu dengan menghadirkan Kepala DPMD Boltim, Hendra Tangel sebagai salah satu pembicara yang memberikan bimbingan secara teknis.

Melalui acara tersebut, Hendra Tangel mengajak kepada para anggota BPD Kabupaten Boltim untuk menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan Pemerintah Desa (Sangadi) sebagai eksekutor anggaran di Desa.

“BPD berfungsi menetapkan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. fungsi ini yang mengharuskan BPD harus menjalin hubungan baik dengan Sangadi,” jelas Tangel di hadapan peserta Bimtek.

Baca Juga: Hari Ini Giliran Kecamatan Motongkad Terima Bantuan Dari Dinsos

Hendra Tangel menegaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk tujuan meningkatkan pengetahuan anggota BPD terkait dengan tugas, kewajiban, wewenang, hak serta larangan yang harus dipatuhi oleh anggota BPD sesuai dengan apa yang ditetapkan dalam peraturan yang berlaku.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini para anggota BPD bisa melibatkan masyarakat yang diwakilinya dalam proses perencanaan pembangunan ditingkat Desa sehingga terbangun kerja sama yang kuat antara warga masyarakat dan pemerintah Desa.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar pengurus BPD di Boltim mampu mengajak masyarakat dalam merencanakan pembangunan, mampu memperkuat kerja sama dan hubungan harmonis antara Sangadi dan BPD sebagai mitra dalam penyelenggara pemerintahan desa,” harapnya.

Acara bimtek ini rencananya akan berlangsung hingga hari Rabu 7 Desember 2022 sesuai dengan jadwal dan materi bimtek yang telah ditetapkan oleh panitia acara.(*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *