SMA N 1 Modayag Hadirkan KNPI Boltim Bicara Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Boltim, Terkini239 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Modayag melaksanakan kegiatan masa orientasi kepada siswa baru kelas X untuk memperkenalkan tentang bela negara, pada Rabu, 13/07/22. 

Untuk kegiatan tersebut SMA N 1 Modayag mengundang pembicara dari pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) untuk mengajarkan wawasan kebangsaan tentang bela negara kepada para siswa baru. 

Pengurus KNPI Boltim melalui ketua Dewan Pimpinan Daerah II, Muhammad Izra Haliantara Mamonto, mengirimkan dua orang perwakilan dari KNPI Boltim untuk menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut. 

“Kami telah mengirimkan dua orang delegasi untuk mengisi materi tentang wawasan kebangsaan dan bela negara kepada para siswa pada kegiatan tersebut yang sedang dalam masa orientasi, sesuai dengan permintaan pihak sekolah,” kata Izra. 

Baca Juga: Perkuat Integritas, KPK-RI Lakukan Sosialisasi SPI Lingkungan Pemkab Boltim

Ade Musli Mokoginta, sebagai salah satu pembicara yang mewakili KNPI dalam kegiatan masa orientasi siswa mengajak kepada seluruh siswa untuk terus meningkatkan prestasi dalam kegiatan belajar di sekolah, lebih mengedepankan toleransi dalam kehidupan sehari-hari, tidak melakukan bullying kepada sesama siswa baik karena kekurangan dan kelebihannya. 

“Kami juga menjelaskan bagaimana kita hidup berbangsa dan bernegara dalam lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan masyarakat, bagaimana melakukan bela negara pada masa kini dengan mengamalkan pancasila sebagai filosofi dasar negara yang harus dijadikan pedoman hidup oleh masyarakat Indonesia secara umum dan khususnya di boltim terutama para siswa sebagai peserta orientasi,” jelas Ade.

Pembicara kedua, Muriyanto Mokoginta juga menyambung materi sebelumnya membahas soal masalah dan tantangan para siswa di masa kini serta mempertegas kembali soal Pancasila sebagai ideologi bangsa. 

Fonie Johana Goni, S.Pd, Kepala sekolah SMA N 1 Modayag menjelaskan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun 2022 yang diikuti oleh siswa baru yang terdaftar di SMA N 1 Modayag sebanyak 168 peserta. Kegiatan ini lebih menekankan pada aspek orientasi terhadap lingkungan sekolah baik terhadap guru maupun siswa tanpa ada bullying atau perundungan. 

Selain memperkenalkan kurikulum merdeka sebagai pilihan sekolah pada mandiri berubah yang langsung diimplementasikan pada siswa baru baik intrakurikuler dan proyek penguatan profil pancasila (P5). 

“Para peserta diperkaya pengetahuannya dalam bentuk materi Wawasan wiyata mandala, belajar efektif, tata krama siswa, kepramukaan, pembentukan karakter serta kesadaran berbangsa dan bernegara yang langsung difasilitasi materi oleh DPD II KNPI Bolaang Mongondow Timur,” ungkap Fonie. 

“Harapannya, materi yang diperoleh para peserta MPLS tahun 2022 sebagai bekal pengetahuan yang dapat diterapkan baik di dalam sekolah, keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar,” pungkas Johana.(abo).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *