Festival Kabela Akan Meriahkan HUT Boltim Ke-14 

Boltim, Terkini386 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Untuk menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang ke-14, pemerintah kabupaten boltim akan menggelar acara perayaan tersebut dengan Festival Kabela Tahun 2022 yang akan digelar pada 21 Juli mendatang.

Acara tersebut nantinya akan digelar di Ibu Kota Kabupaten, Tutuyan. Selain Festival Kabela atau Kabela Fest, acara tersebut juga akan dimeriahkan dengan tarian dana-dana massal dan berbagai lomba permainan tradisional khas Bolaang Mongondow yang akan melibatkan seluruh jajaran SKPD dan rakyat Boltim yang tersebar di 81 desa dan sebagai peserta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto beberapa waktu lalu ketika menghadiri Java Culture Fest di Desa Purworejo, Kecamatan Modayag.

Baca Juga: Sambut HUT Boltim, DPD II KNPI Boltim Gelar Lomba Permainan Langkadan dan Paki’ 

“Untuk mengangkat budaya Mongondow, Kami akan menggelar Festival Kabela terbesar di Boltim, ini merupakan salah satu cara kita memperkenalkan adat dan budaya kita kepada dunia,” kata Sachrul ketika menyampaikan pidatonya pada Java Culture Fest.

“Apapun suku atau etnis yang ada di boltim, mereka wajib untuk memelihara dan mengangkat budayanya masing-masing, baik itu Orang Jawa, Bugis, Minahasa, Sangihe maupun Mongondow, karena Boltim adalah miniatur Indonesia,” kata Bupati Boltim.

“Sebagai anak negeri totabuan paling timur, kita berkewajiban merawat dan melestarikan budaya leluhur kita,” ucap Sachrul.

Adapun Kabela, atau Tari Kabela merupakan salah satu tarian yang sering ditampilkan untuk menyambut kedatangan tamu penting yang datang berkunjung ke Bolaang Mongondow, sedang Dana-dana adalah tarian yang diiringi dengan musik gambus dan nyanyian syair Pantung (Pantun, red) sebagai hiburan rakyat jaman dulu.(*).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *