34 Sangadi Dari Pegunungan Boltim Lakukan Studi Tiru Pengelolaan Desa Digital

Boltim, Terkini160 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Setelah melakukan Studi Tiru ke Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat pada Kamis, sebelumnya, selanjutnya sebanyak 34 Sangadi (Kepala Desa) dari Tiga Kecamatan Pegunungan (Mooat, Modayag dan Modayag Barat, melakukan kunjungan Studi Tiru di Desa Cibiru, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung untuk mempelajari pengelolaan Desa Digital, Pada Jumat, 12/08/22.

Rombongan Sangadi diterima oleh kepala Desa Cibiru bersama jajaran dengan baik. Para Sangadi disuguhkan dan mendengar penjelasan, bagaimana mengelola semua urusan yang di desa dengan sistem digital. Selain itu juga, berkesempatan melihat langsung cara pengoperasional sistem yang dikelola oleh perangkat desa dan tenaga pengelola di Desa Cibiru. 

Baca Juga: Tekan Penyebaran Rabies, Distan Boltim Lakukan Vaksinasi di Kecamatan Modayag

Kepala Desa Cibiru, Hadian Supriatna, SP, dalam penjelasan dan interaksi dengan para Sangadi dari Boltim mengatakan, sistem digital melalui aplikasi Simpel Desa mempermudah dalam segala pelayanan baik administrasi pemerintahan, kependudukan, maupun perputaran ekonomi desa melalui jual-beli hasil kerajinan UMKM. Dimana produk atau barang dagang masyarakat seperti makanan dan lain-lain, bisa diposting dalam aplikasi dan dilihat oleh semua masyarakat yang siap membeli yang tentunya telah menggunakan (mendownload) aplikasi Simpel Desa. 

Aplikasi ini hampir sama seperti facebook namun hanya skala lokal. Khusus untuk fitur jual-beli sebagai penggerak ekonomi masyarakat, Pemdes melibatkan mitra Bumdes sebagai pengelola. Jadi Bumdes juga bisa ada pendapatan sebagai penyokong PAD. Aplikasi Simpel Desa yang digunakan bisa didownload lewat playstore oleh masyarakat.

Untuk diketahui, Ada 8 platform yang digunakan oleh Desa Cibiru termasuk aplikasi Simpel Desa yang bisa digunakan untuk interaksi antara warga dan pemdes dalam pelayanan pemerintahan, keamanan lingkungan dan ekonomi. Selain itu, Desa Cibiru juga menggunakan Radio Desa dan Podcast yang dikelola oleh beberapa tenaga pengelola yang direkrut khusus.

Usai dialog interaktif, Pemdes Cibiru dan Para Sangadi juga memperagakan tarian budaya masing-masing daerah. untuk Boltim memperagakan tarian Dana-Dana.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *