Dukcapil Hadirkan Solusi Untuk Masyarakat Yang Belum Memiliki KTP

Boltim, Terkini29 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) bagi Warga Negara Indonesia sangatlah penting. Hal tersebut sebagai dasar untuk mengurus segala kegiatan yang menyangkut administrasi baik yang berkaitan dengan pemerintah maupun pihak swasta sebagai bukti identitas diri.

Pemerintah Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) memberikan solusi bagi yang belum mempunyai e-KTP dengan mencetak Biodata atau pengganti e-KTP sementara.

Hal ini dikatakan Kepala Disdukcapil Kabupaten Boltim, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran penduduk, Vira Virdaus Ambarak, SAB. Rabu, (06/7/2022).

Baca Juga: Bupati Buka Seminar Budaya KNPI dan Karang Taruna

“Sementara ini kalau belum ada KTP bisa digunakan Biodata. Selama belum ada percetakan KTP, biodata yang sudah dicetak bisa dipakai. karena fotonya akan muncul jadi bisa digunakan di BPJS, Bank, NPWP dan pembuatan Paspor,” jelasnya.

“Jadi selama belum ada KTP untuk sementara biodata dari Capil, yang penting sudah melakukan perekaman itu bisa bikin biodata. Jadi solusinya ada,” kata Ambarak.

Ia menambahkan, masyarakat dari luar daerah yang KTPnya hilang, bisa melakukan percetakan di Disdukcapil Boltim dengan syarat membawa surat keterangan hilang dari kepolisian.

Ia melanjutkan jika nanti ada masyarakat yang dari luar daerah yang KTP-nya hilang bisa dicetak disini, syaratnya yang bersangkutan harus membawa surat kehilangan dari Polsek atau Polres setempat serta membawa fotocopy Kartu Keluarga dan foto copy KTP, walaupun dia tidak memiliki foto copy Kartu Keluarga hanya membawa foto copy KTP itu bisa yang penting NIK-nya ada.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *