Aplikasi Si-DEWI Bantu Wisatawan Temukan destinasi

Boltim, Terkini477 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM– Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) kini memiliki Aplikasi Sistem Informasi Destinasi Wisata (Si-DEWI). Aplikasi tersebut untuk mempermudah wisatawan menemukan pilihan tempat-tempat wisata yang ada di daerah timur Negeri Totabuan.

Adapun aplikasi tersebut diciptakan oleh dia orang pemuda asal Kabupaten Boltim yakni Iswanto Mahmud warga Desa Tutuyan III dan Andre Paputungan warga Desa Kotabunan Selatan.

Adapun ide menciptakan aplikasi jedi96 tersebut, Iswanto menyampaikan berawal dari keinginannya melihat pembangunan daerah dengan memanfaatkan pelayanan yang berbasis informasi teknologi atau IT.

“Bolaang Mongondow Timur adalah kabupaten yang sudah siap masuk dalam kategori E-Government, namun untuk mewujudkan itu perlu adanya kerjasama dari pemerintah dan putra putri daerah untuk dapat berkolaborasi dalam menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya para wisatawan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Iswanto melanjutkan bahwa Kabupaten Boltim dikatakan juga sebagai surga yang dititipkan tuhan di dunia ini, karena keindahan laut, pegunungan, dan danaunya. Bahkan daerah yang dikenal dengan “Surga Seribu Danau”.

Sehingga dengan alasan itu, diciptakanlah sebuah aplikasi yang bisa memberikan pelayanan kepada wisatawan. Lewat informasi yang dituangkan dalam aplikasi tersebut, maka wisatawan mendapatkan informasi tentang keindahan Kabupaten Boltim.

“Dengan adanya sistem informasi edukasi pengenalan budaya dan tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur berbasis android dan iPhone Operating System (IOS), diharapkan dapat mempermudah wisatawan untuk mendapatkan edukasi dan informasi yang lengkap dan jelas,” terangnya.

Iswanto juga menambahkan, aplikasi Si-DEWI ini membutuhkan waktu kurang lebih enam bulan untuk menyelesaikan rancangan aplikasi wisata berbasis android.

“Dengan menghabiskan waktu berbulan-bulan dalam perancangan aplikasi ini tentu tidaklah mudah. Saya sebagai pihak developer aplikasi ini tetap memperhatikan dari segi performance dan kestabilan sistem yang dihasilkan dan sudah melewati beberapa kali tahap pengujian aplikasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Andre Paputungan mengatakan, aplikasi Si-DEWI ini mempunyai tujuan utama sebagai langkah transformasi digital, yang berfokus pada publikasi dan pengembangan sumber daya alam, serta pelestarian tempat wisata yang mempunyai potensi besar untuk meningkatkan ekonomi daerah.

“Fitur-fitur yang dihadirkan dalam aplikasi Si-DEWI ini selain publikasi tempat wisata juga sebagai pemandu wisata bagi para wisatawan dari luar daerah maupun wisatawan asing, karena sudah dilengkapi dengan sistem navigasi lokasi wisata. Fitur edukasi seperti pengenalan bahasa daerah, seni tradisional, tarian daerah, alat musik daerah serta makanan tradisional,” katanya.

Ia mengajak para wisatawan silahkan mendownload aplikasi tersebut, untuk mengetahui keindahan Kabupaten Boltim. “Ayo, download aplikasi Si-DEWI” ajaknya.

Di tempat terpisah, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Boltim, Darman Daeng Matara memberikan apresiasi kepada Iswanto atas aplikasi yang telah dibuatnya.

“Ini asli produk anak daerah, dan bangga dengan karya anak daerah. Terima kasih sahabatku Iswanto Mahmud dengan kemandirian tetap berupaya memberikan karya yang terbaik untuk cita-cita Boltim, sebagai daerah destinasi wisata yang keren. Mendownload adalah bagian kecil sebuah penghargaan. Si-DEWI adalah aplikasi dengan fitur destinasi wisata Boltim yang diciptakan untuk memberikan info tour wisata di Boltim,” pungkasnya

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *