Dinas Perikanan Boltim Serahkan Bantuan Bibit Ikan Nila Kepada Kelompok Pembudidaya 

Boltim, Terkini285 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Perikanan salurkan  bantuan benih ikan nila kepada kelompok pembudidaya ikan air tawar Darwatoi di Bongkudai, pada Rabu 08/06/22. 

Hal tersebut dikonfirmasi langsung via telepon kepada Kepala Dinas (Kadis) Perikanan, Nasarudin Paputungan, bahwa penyaluran Bantuan tersebut berdasarkan proposal yang masuk ke Dinas terkait. 

Menurut kadis, proposal kelompok tersebut sudah cukup lama dimasukkan ke Dinas Perikanan, namun baru terealisasi hari ini karena produksi benih di BBI Bukaka sampai saat ini kurang optimal.

“Iya, hari ini ada penyaluran benih ikan nila untuk kelompok pembudidaya ikan air tawar, ada dua ribu benih ikan nila yang diberikan dengan Varietas ikan nila nirwana,” sebut Nasarudin. 

Baca Juga: Prioritaskan Kesehatan, Bupati Boltim Alokasikan Anggaran Untuk Beasiswa 

Menurutnya pemberian Ikan Nila Varietas Nirwana tersebut untuk memudahkan pembudidaya karena pertumbuhannya cepat, pakan yang tidak terlalu boros dan waktu panen juga pendek.

Beliau menjelaskan dengan adanya bantuan bibit ikan nila tersebut harapannya para pembudidaya dapat meningkatkan produksi perikanan di Boltim, serta mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat pembudidaya ikan air tawar. 

Ia juga melanjutkan bahwa untuk tahun ini sudah ada dua kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut, dan kelompok lainnya nanti akan diproses sesuai dengan antrian proposal yang telah masuk. 

Kedepannya bantuan untuk kelompok tersebut menunggu informasi dari Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Tatelu, ketika telah ada nantinya pihak Dinas akan mendistribusikan bantuan tersebut. 

“Dalam waktu dekat juga kami akan melakukan restoking danau, nanti akan ada penebaran benih di danau, ada dua danau yang akan ditebar yaitu danau Mooat dan Danau Tondok,” kata Paputungan menginformasikan.(abo).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *