Pemdes Tolondadu Gelar Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2021

Bolsel, Terkini329 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLSEL Pemerintah Desa (Pemdes) Tolondadu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020.

Musdes ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tolondadu, pada Rabu 5 November 2020.

Kepala Desa atau Sangadi Tolondadu, Powor Hasan menyampaikan, bahwa dalam perencanaan RKPDes tahun 2021 melibatkan seluruh unsur masyarakat.

“Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2021 kami laksanakan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Desa Nomor 17 Tahun 2019,” kata Powor.

Lanjut, ia juga mengatakan, dari Musdes ini pula akan menampung aspirasi masyarakat dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi Kepala Desa dan perangkat desa dalam program dan kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2021.

“Banyak masukan dan usulan usulan yang diberikan dari masyarakat, semuanya akan kami sesuai dengan pagu anggaran yang ada untuk di tahun 2021,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BPD Tolondadu Marsel Aliu menerangkan, alur penyusunan dan penetapan RKPDes diawali dengan Musdes perencanaan pembangunan tahunan kemudian pembentukan tim penyusun RKPDes.

“Kami telah melaksanakan dua tahapan yang selanjutnya akan kami pacu sebelum berakhirnya tahun 2020,” terang Marsel.

Lanjutnya, tim penyusun RKPDes akan melakukan pencermatan pagu indikatif dan penyelarasan program yang masuk di Desa Tolondadu.

“Tim penyusun akan melakukan pencermatan kembali dokumen RPJMDes yang menjadi dasar penyusun program yang kemudian akan dibahas bersama dalam Musrenbangdes RKPDes,” ungkapnya.

Setelah semua tahapan sudah dilalui maka tugasnya BPD bersama dengan Pemdes melaksanakan Musdes pembahasan dan penetapan RKPDes Tahun Anggaran 2021.

“Degan melewati delapan tahapan akan melahirkan dokumen RKPDes yang nantinya akan menjadi acuan penyusunan APBDes tahun anggaran 2021,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekertaris Desa Tolondadu Hasni Paputungan berharap, seluruh lapisan masyarakat terlibat aktif dalam penyusun perencanaan anggaran tahun 2021 agar program yang di anggarkan sesuai dengan kebutuhan.

“Saya selaku ketua tim penyusun sangat membutuhkan saran dan masukan dari masyarakat dalam penyusunan RKPDes,” harapnya.

Tak hanya itu, Ia juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang terus mendukung program Pemdes selama ini.

“Bantuan dan dukungan dalam bentuk apapun dari masyarakat sangat membantu dalam proses perencanaan maupun pembangunan Desa Tolondadu untuk terus berbenah menjadi lebih baik lagi,” tutup Paputungan.

Turut hadir, Pendamping Desa Hirsan Uloli, Keterwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kelompok Tani, Kelompok Nelayan, KWT, Ketua Karang Taruna, Kepala Dusun, serta RT.

RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *