Bawaslu Sulut Terima Kunjungan Pjs Gubernur Sulut

Manado, Terkini361 Dilihat

JEJAK.NEWS, MANADO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin, 28 September 2020, menerima kunjungan Pjs. Gubernur Sulut DR. Drs Agus Fatoni, M.Si.

Kunjungan dari Pjs Gubernur Sulut beserta jajaranya diterima langsung oleh Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda, dan Pimpinan Bawaslu Sulut Mustarin Humagi.

Adapun kunjungan ini terkait pembahasan dan mengkoordinasikan kesiapan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu dalam tahapan pilkada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Bawaslu menjelaskan bahwa saat ini sesuai dengan tahapan, Bawaslu Sulut telah melakukan optimalisasi pengawasan pada tahapan kampanye di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu juga, Bawaslu Sulut memastikan ketentuan kampanye paslon sesuai aturan yang berlaku. 

“Bawaslu juga memastikan keamanan dan pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19, di setiap tahapan Pilkada tahun 2020,” ungkap Malonda.

Malonda juga menambahkan, Bawaslu Sulut mengantisipasi pemilih didaerah daerah perbatasan yang masih memiliki keterangan berdomisili di 2 daerah kab / kota serta mengantisipasi pemilih yang bukan merupakan warga WNI, dan ada juga manipulasi data yang terkait dg pemilih yang tidak valid, hal ini berkaca pada proses pemilu tahun 2019 silam.

“Selain mencegah dan mewaspadai proses pilkada sesuai dg protokol covid 19, bahwa proses pilkada tahun 2020 harus diterapkan sesuai kepastian hukum kepemiluan dan aturan pendukung lainnya dalam pelaksanaan pemilihan, untuk menjamin penindakan Bawaslu secara kelembagaan terhadap aksi dalam Pilkada Tahun 2020,” tegas Malonda .

Sementara Pjs Gubernur Sulut berharap agar pilkada tahun 2020 di Sulut dapat berjalan dengan lancar, baik, dan jurdil. Pemprov selalu siap untuk berkoordinasi dan memfasilitasi setiap penyelenggara pemilu dalam pilkada saat ini.

“Terkait dengan pilkada saat ini, tantangannya memang sulit melaksanakan di tengah pandemi Covid-19, namun kita harus buktikan bahwa Sulut pasti bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab bersama antara penyelenggara pemilu dan pilkada tahun 2020 ini,” harap Fatoni.

RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *