Fonny Mogimpe Tiga Tahun Istiqomah Melayani Umat, Salurkan Ratusan Juta Lewat Jumat Sedekah

Boltim, Terkini487 Dilihat

JEJAK.NEWS, BOLTIM- Gerakan Jumat Sedekah Bolaang Mongondow Timur (Boltim) komunitas yang di pimpin oleh Fonny Ekasari Mogimpe, telah berjalan sejak tahun 2018 hingga hari ini berhasil mengumpulkan sejumlah donasi yang telah mancapai ratusan juta dari berbagai kalangan kemudian menyalurkannya kepada fakir miskin dan anak yatim serta orang yang membutuhkan.

Fonny, Ketika ditemui di rumahnya di Modayag sesaat setelah selesai menyalurkan sedekah pada Jumat 17/09/21 mengungkapkan awalnya kegiatan ini merupakan kebiasaan beliau secara pribadi yang selalu menyisihkan sedikit kelebihan rezeki untuk disedekahkan pada setiap hari Jumat, kemudian lama-lama berkembang menjadi sebuah Gerakan komunitas Jumat Sedekah.

Fonny Ekasari Mogimpe, Ketua Komunitas Jumat Sedekah. (Foto: Fonny Mogimpe).

“Awalnya Cuma karena kebiasan tiap hari jumat bersedekah, lama-lama coba buat komunitas jumat sedekah hingga hari ini, alhamdulillah masih istiqomah,” jelas Fonny.

Pada prinsipnya menurut Fonny, Gerakan ini hanya untuk membantu meringankan beban saudara kita yang kurang mampu dan kurang berdaya karena keadaan yang disebabkan oleh berbagai faktor dan latar belakang yang bermacam-macam. Jumat sedekah mencoba memfasilitasi niat orang-orang baik yang ingin bersedekah.

Adapun donasi yang datang berbagai macam ada yang berupa uang yang diantar langsung oleh donatur atau lewat transfer antar rekening, ada juga berupa bahan makanan dan bahan lainnya yang dibutuhkan oleh orang-orang maupun komunitas kemudian dislaurkan oleh Jumat Sedekah.

Dokumentasi Jumat Sedekah.

“Banyak macam kegiatan yang pernah diurus oleh Gerakan jumat sedekah pada awal-awal pernah menyalurkan al-Qur’an di sejumlah masjid dan TPA, membagikan karpet untuk masjid, membantu pembangunan masjid,” sambung Fonny.

“akhir-akhir ini kami fokus pada urusan kemanusian, seperti membantu biaya pengobatan untuk orang yang kurang mampu dengan berbagai macam-penyakit kronis. Membantu membayarkan sekolah anak yang kurang mampu, bahkan ada beberapa lansia yang menjadi tanggungan tetap jumat sedekah untuk kebutuhan sehari-hari baik berupa obat-obatan maupun makanan,” terang Fonny yang hari ini berprofesi sebagai ASN di RSDU Pobundayan.

Gerakan Jumat Sedekah. (Foto: Jumat Sedekah).

Rata-rata ada lima sampai sepuluh orang yang ditanggulangi oleh Jumat Sedekah tiap harinya dengan berbagai kebutuhan, sedangkan jangkauan bantuan tergantung jumlah donasi yang masuk menurut Fonny, semakin banyak donasi daya jangkau dan daya sebar sedekah semakin luas. Hingga hari ini donasi yang disalurkan sudah mencapai 300 juta lebih.

“donatur sendiri dari berbagai kalangan dan daerah, untuk mereka yang ingin berpartisipasi bisa diserahkan langsung atau bisa juga via transfer antar rekening ke rekening Bank Syariah Indonesia atas nama Jumat Sedekah dengan no rekening 1224466885, insya Allah ini akan menjadi amal jariyah bagi mereka yang melakukan donasi,” tutup Fonny.(abo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *