Hadiri Bimtek Penyederhanaan Birokrasi, SSM-OPPO Siap Implementasikan Strategi Pembangunan Nasional

Boltim, Terkini485 Dilihat

JEJAK.NEWS, MANADO- Sam Sachrul Mamonto S.Sos, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menghadiri undangan Bimtek Kebijakan Strategis Pemerintah Pusat dalam rangka penyederhanaan birokrasi, dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja ASN secara maksimal pada Senin, 12/04/21, di Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut).

Acara bimtek tersebut, dihadiri langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, serta seluruh Kepala daerah Kabupaten/Kota se Sulut.

Dalam acara tersebut, MenPAN-RB berharap bahwa output dari bimtek tersebut menargetkan Pemprov dan Kabupaten/Kota se Sulut, dapat menerjemahkan kebijakan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, maka keluarannya adalah meningkatnya pendapatan ekonomi rakyat sehingga target percepatan pembangunan nasional dapat dicapai.

Baca juga: Bupati: Pertama di Sulut, Vaksin Massal Dihadiri Langsung Pejabat dan Tokoh Nasional

Untuk mencapai target tersebut, strateginya adalah implementasi kebijakan Kementerian PAN-RB dengan penyederhanaan birokrasi, sistem kerja berbasis digital, manajemen ASN, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kami berharap agar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, dalam program visi misinya agar bisa sejalan dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat. Dengan begitu, pelaksanaan reformasi birokrasi yang tertuang dalam visi dan misi Presiden Joko Widodo dapat tercapai,” ungkap Tjahjo Kumolo berharap.

Merespon hal tersebut, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos menyebutkan bahwa Pemkab Boltim akan melakukan follow up hasil bimtek yang digelar MenPAN-RB, sebagai bentuk sinergitas dengan pemerintah pusat demi mewujudkan target percepatan pembangunan nasional.

Baca juga: Pemda Boltim Anggarkan 12 Miliar Untuk Jamin Kesehatan Masyarakat

Untuk melakukan penyederhanaan birokrasi, saat ini Pemkab Boltim melalui Bagian Organisasi dan BKPSDM sedang melakukan inventarisir jabatan eselon IV yang akan disederhanakan, kemudian dialihkan ke dalam jabatan fungsional.

Untuk usulan penerimaan CPNS Tahun 2021, Pemkab Boltim telah mengusulkan 280 formasi CPNS ke Kemenpan-RB, dan usulan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 215 khusus tenaga Guru.

“Pak Menteri memaparkan banyak hal terkait birokrasi pemerintahan. Tentunya, akan kita tindak lanjuti demi terselenggaranya sistem pemerintahan yang baik dan bersih,” terang Bupati.

Sementara itu, dihari yang sama dan tempat terpisah, Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo SE MM, Sekretaris Daerah Ir J Sonny Warokka, bersama jajaran Asisten dan Kepala SKPD, mengikuti bimtek tersebut secara virtual, bertempat di Hotel Quality Manado. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar