Ketua Umum GP Ansor di Lantik Jadi Menteri

Nasional34 Dilihat

JEJAKNEWS, NASIONAL – Presiden Ir Hi Joko Widodo menunjuk Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama RI.

Dikutip dari situs DPR, Gus Yaqut dilahirkan di Rembang, 04 Januari 1975. Dia merupakan Ketum GP Ansor organisasi sayap Nahdlatul Ulama-Periode 2015-2020.

Dia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di Kutoharjo dan Rembang. Dia sendiri merupakan adik dari Gus Yahya Staquf yang tadinya sempat diisukan menjadi Menag.

Dia juga pernah menjadi Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010 melalui PKB. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua DPC PKB Bandung dan Ketua PMII Depok. Namun dia lebih dikenal sebagai Ketum GP Anshr.

Gus Yaqut dilantik menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dari PKB sebagai pergantian antar waktu (PAW) Hanif Dhakiri yang saat itu menjadi Menaker. Lalu, dia kembali menjadi anggota DPR periode 2019-2024.

Saat pengumuman, pergantian posisi menteri, Jokowi membuat kejutan. Dia memilih Gus Yaqut. Padahal tadinya yang diisukan menjadi Menag ialah kakaknya, Gus Staquf.

“Yang keempat, Yaqut Cholil Qoumas,” kata Presiden Jokowi dalam pengumuman menteri baru di Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020).

“Akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” kata Jokowi.

Yaqut Cholil Qoumas saat ini berstatus anggota DPR RI. Dia menjabat Wakil Ketua Komisi II DPR.

Penunjukan 6 menteri baru itu rencananya akan dilantik besok 23 Desember 2020.

Sumber : detiknews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *