Via daring, Bawaslu Sulut Launching Gerakan Awasi Coklit di Sulut

Manado42 Dilihat

JEJAK.NEWS, MANADO – Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Utara (Sulut), menggelar launching gerakan awasi Launching melalui virtual dalam jaringan (Daring), Rabu, 15 Juli 2020.

Menurut ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk koordinasi soliditas seluruh jajaran pengawas pemilihan se-Sulut untuk mengawasi coklit.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan serta memantapkan koordinasi soliditas seluruh jajaran bawaslu sulut,” ucap Malonda.

Malonda juga mengingatkan, dalam pengawasan tahapan pilkada 2020 ini untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan. 

“Kita tau bersama pilkada kali ini dalam masa pandemi covid-19. Jadi utamakan prosedur yang seharusnya dilakukan, jangan anggap remeh,” terangnya.

Sementara itu anggota Bawaslu Sulut, Awaluddin Umbola yang juga ikut memberikan arahan pada kegiatan ini menjelaskan, Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) tidak secara utuh sempurna dalam proses verifikasi data pemilih. 

Menurutnya memang sistem ini secara otomatis punya fitur-fitur yang terkait dengan memverifikasi data pemilih yang berkaitan dengan syarat pemilih, domisili, kegandaan dan lainnya. namun error dalam data pemilih di sistem tersebut masih tergantung dari hasil coklit yang akan dilakukan, sehingga perlu ketelitian dan fokus jajaran pengawas pemilihan dalam proses coklit.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ini juga mengatakan, kepada jajarannya untuk mempelajari titik lemah dari diri masing-masing agar supaya kerja pengawasan bisa teratasi dengan baik.

“Kita harus menyadari diri dulu dimana titik kelemahan kita. sehingga ketika kita akan bergerak bekerja, kita akan tau menutupi ruang-ruang kelemahan itu,” ujarnya.

Umbola juga menegaskan jajaran pengawas desa dan kelurahan harus memahami cara kerja pengawasan.

“Pastikan pengawas desa dan kelurahan kita sudah paham tentang kerja pengawasan, sehingga apa yang mereka lakukan dilapangan akan menyelesaikan masalah,” tegasnya.

Turut dihadiri Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifudin dan Anggota Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu, Mustarin Humagi, Awaludin Umbola serta Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut Aldrin Christian.

Hadir sebagai peserta ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Sulut, Seluruh Panwascam se-Sulut, dan staf divisi pengawasan.

RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *